Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Tips WhatsApp Web yang Jarang Diketahui Banyak Orang

WhatsApp Web memudahkan pengguna untuk mengakses WhatsApp di komputer, asalkan ponsel tetap terhubung dengan internet. Fiturnya pun tidak kalah lengkap ketimbang aplikasi WhatsApp di Android atau iOS.

Sama seperti WhatsApp versi mobile, WhatsApp Web juga memiliki banyak tips dan trik serta jalan pintas untuk mengakses fitur-fitur yang ada. Tips dan trik ini dijamin bisa bikin chatting pakai WhatsApp Web jadi lebih mudah.

7 Tips WhatsApp Web yang Jarang Diketahui Banyak Orang

7 Tips WhatsApp Web yang Jarang Diketahui Banyak Orang
Sc: Bing.com

1. Shortcut keyboard

Salah satu kemudahan yang ditawarkan menggunakan saat menggunakan layanan di komputer adalah shortcut atau jalan pintas menggunakan tombol di keyboard. Menggunakan WhatsApp Web pun bisa jadi lebih mudah dan cepat dengan jalan pintas ini.

Berikut ini daftar shortcut keyboard yang bisa kalian pakai di WhatsApp Web beserta fungsinya:

- Ctrl + Alt + Shift + U: Mark as unread

You may also like

- Ctrl + Alt + Shift + M: Mute

- Ctrl + Alt + E: Archive chat

- Ctrl + Alt + Backspace: Delete chat

- Ctrl + Alt + Shift + P: Pin chat

- Ctrl + Alt + / (forward slash): Search

- Ctrl + Alt + Shift + F: Search chat

- Ctrl + Alt + N: New chat

- Ctrl + Alt + Shift + N: New group

- Ctrl + Alt + P: Profile and About

- Ctrl + Alt + , (koma): Settings

2. Cari emoji dengan keyboard

Mengirim pesan di WhatsApp tidak lengkap rasanya tanpa emoji. Tapi kadang proses mencari emoji yang sesuai dengan percakapan membutuhkan waktu yang lama.

Untungnya ada trik WhatsApp Web yang bisa kalian gunakan untuk mencari emoji dengan lebih mudah menggunakan keyboard. Caranya, di kotak dialog ketik simbol titik dua (:) diikuti dengan nama emoji yang ingin ditampilkan.

Misalnya, untuk mencari emoji menangis cukup ketik :cry atau :nangis di kotak dialog lalu klik emoji yang ingin dimasukkan ke percakapan.

3. Ubah emotikon jadi emoji

Mungkin ada beberapa orang di luar sana yang masih senang mengirimkan emoticon ketimbang emoji. Untungnya WhatsApp Web memiliki fitur yang bisa mengubah emoticon menjadi emoji secara otomatis.

Dengan fitur ini, emoticon yang diketik di kotak dialog akan diubah otomatis menjadi emoji. Misalnya, emoticon

inet.detik.com


4. Pakai beberapa akun WhatsApp di satu PC

Saat ini pengguna WhatsApp di ponsel hanya bisa mengakses satu akun di satu aplikasi. Padahal tidak jarang ada pengguna WhatsApp yang menjalankan beberapa akun sekaligus.

Jika ingin mengakses dua akun sekaligus di WhatsApp Web kalian tidak bisa hanya membuka dua tab yang berbeda lalu login secara terpisah. Untuk bisa mengakses dua akun WhatsApp yang berbeda di Web, kalian harus membuka mode incognito atau browser lain.

Misalnya, kalian sudah membuka akun WhatsApp A di Google Chrome. Untuk membuka akun WhatsApp B, kalian cukup membuka mode incognito lalu login seperti biasa.

Tapi dalam mode incognito, kalian hanya bisa menggunakan WhatsApp Web selama satu jam sebelum dikeluarkan secara otomatis. Alternatifnya, kalian bisa membuka browser lain, misalnya Firefox atau Opera, dan login ke akun WhatsApp kedua lewat browser itu.

5. Baca pesan tanpa notifikasi centang biru

Pengguna WhatsApp yang ingin membuka pesan tanpa ketahuan harus mematikan read receipts atau laporan dibaca terlebih dahulu. Tapi di WhatsApp Web ada cara yang lebih mudah tanpa harus mematikan read receipts.

Jika kalian sedang berbincang dengan seseorang di WhatsApp Web tanpa memperlihatkan tanda centang biru, lakukan langkah berikut:
  1. Buka chat di WhatsApp Web
  2. Buka jendela program lain, misalnya File Explorer, di komputer dan ubah ukurannya agar kalian btetap bisa melihat WhatsApp Web di latar belakang. Atau kalian juga bisa membuka dua aplikasi ini secara berdampingan.
  3. Klik jendela baru itu dan jaga agar kursornya tetap ada di sana. Ini merupakan langkah yang penting karena komputer berpikir kalau kalian sedang membuka jendela lain.
  4. Saat menerima pesan di WhatsApp Web, kalian tetap bisa membaca pesan itu seperti biasa tapi si pengirim pesan tidak akan melihat centang biru. Dengan cara ini mereka hanya melihat centang abu-abu yang artinya pesan sudah diterima tapi belum dibaca.

6. Ubah format pesan

Kadang kalian butuh mengubah format pesan untuk menekankan isinya, misalnya dengan mengubah teks menjadi lebih tebal atau miring. Selain jalan pintas keyboard di atas, WhatsApp Web juga memiliki jalan pintas untuk mengubah format teks, yaitu:
  • Bold: tempatkan tanda bintang (*) di kedua sisi teks
  • Italic: tempatkan tanda underscore (_) di kedua sisi teks
  • Strikethrough atau garis coret: tempatkan tanda tilde (~) di kedua sisi teks

7. Kirim file dengan drag and drop

Mengirimkan file lampiran lewat WhatsApp bisa dilakukan dengan mengklik ikon penjepit kertas lalu pilih dokumen. Tapi ternyata ada cara yang lebih mudah yaitu hanya dengan drag and drop.

Caranya buka folder tempat file yang ingin dikirimkan, lalu buka chat di WhatsApp Web. Setelah itu cukup klik dan geser file yang akan dikirimkan dari folder ke chat di WhatsApp Web. Mudah bukan?


Artikel ini telah tayang di inet.detik.com https://inet.detik.com/tips-dan-trik/d-5602125/7-tips-whatsapp-web-yang-wajib-diketahui

Post a Comment for "7 Tips WhatsApp Web yang Jarang Diketahui Banyak Orang"